Tugas Akuntansi Internasional Bab 12

Posted by akhmad fakhrudin on 17:39



Ukuran Kinerja Berdasarkan ROI
            Telah disebutkan di muka bahwa ada dua kinerja keuangan yang di gunakan secara luas oleh perusahaan-perusahaan multinasional yaitu ROI dan kinerja yang dianggarkan ( budgeted performerce ). Sehubungan dengan kriterian ukuran kinerja keuangan, maka isu-isu tambahan yang muncul, khususnya untuk ROI, adalah menyangkut a). identifikasi komponen-komponen ROI, dan b). pengukuran akuntansi ROI.Variasi ROI berhubungan dengan elemen-elemen laba dan basis investasi yang sesuai. Ini disebabkan karena laba bersih yang dilaporkan mungkin mengandung atau memperhitungkan biaya-biaya yang merupakanalokasi korporasi atau harga transfer yang berada di luar kendali menejer unit yang bersangkutan. Laba tersebut mungkin tidak mencerminkman sifat strategis darimisi suatu unit luar negeri yang mungkin berfungsi sebagai penyedia komponen-komponen yang mempunyai harga pokok herdah bagi anak-anak perusahaan lain dalam jaringan internasional sebuah MNC.
            Un tuk mengatasi kelemaham-kelemahan tersebut, akuntan korporasi perlu menentukan seakurat mungkin pengembalian-pengembalian yang berkaitan dengan keberadaan anak-anak perusahaan di luar negeri.dengan demilkian, laba yang diloporkan harus disesuaikan dengan hal-hal seperti a). pembayaran royalty, dan b). laba dari penjualan inter korporasikepada anak prusahaan.
            Masalah yang timbul adalah mengenai dominator ROI. Sesuai dengan prinsip mengenai manajerial diatas, basis investasi harus berupasumber daya yang terkendali bagi manejer bersangkutan. Demikian juga besarnya piutang dank as yang di luar kendali para manajer anak perusahaan luar negeri tersebutuntuk tujuan evaluasi unit, basis investasi perlu memasukan semua capital yang digunakan dalam usaha meraih tujuan unit.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 17:39

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers

CB